Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 01 Januari 2012

Minggu, 01 Januari 2012
Perkembangan islam di barat


Dalam bidang seni dan arsitektur, hasil praktis dari adanya gerakan kebudayaan tersebut berupa penyempurnaan corak serta tema-tema artistik yang secara intim menafsirkan cita-cita Islam ke dalam rinci-rinci (details) pembuatan barang kerajinan serta arsitektur. Perpaduan bermacam langgam (style) memegang peranan di seluruh dunia Islam; baik Persia dimana kegemaran akan arsitektur telah menjadi tradisi panjang di jantung tanah Arab sendiri, juga di Mesir, Syria, Asia Tengah, India maupun Turki serta Afrika Utara dan Spanyol. Sebagai contoh adalah rumah-rumah Yamani yang dinding-dinding batanya berenda-renda serta permukaannya dipernis dengan amat indahnya, merupakan suatu sumber pola dekorasi yang mengilhami pengerjaan dinding bata M udeja r di Spanyol dan Maroko. Dunia pemikiran pada masa itu diubungkan dengan bahasa Arab, bahasa yang merupakan lambang kehidupan pan Arab serta rasa persatuan Islam.Suasana Andalusia yang tumbuh dalam pelbagai pengaruh yang tersebar luas itu amatlah menarik dan istimewa. Sebab bermacamlanggam kebangsaan yang amat beragam itu, telah dipadukannya hingga menajdi satu kesatuan yang utuh- yakni kebudayaan Islam, seperti yang diekspresikan di Spanyol. Dan kekayaan itulah yang kemudian diterapkan ke dalam seni arsitekturnya secara amat luar biasa. Suatu seni arsitekturyang merupakan perpaduan antara gaya Mediterania dan Timur Tengah, baik dlam dekorasi, maupun corak kehidupannya yang memanding bahwa hidup di udara terbuka merupakan suatu hal yang menyenangkan, baik di rumah pribadi maupun di gedung-gedung umum, terutama selama hari-hari musim panas yang teramat terik.
Dalam pembahasan ini , perhatian difokuskan kepada jiwa serta teori dasar keruangan Islam ( Islamic space). Pertama-tama titik berat perhatian itu kita tujukan pada penggunaan bentuk dan strukturnya, kemudian kepada lambang-lambang serta geometrinya, terutama yang berhubungan dengan pemuliaan asma Allah. Hal-hal tersebut sudah tentu akan melibatkan pula pola kehidupan serta tingkah laku sosial, disamping aspek ekonomi, teknologi dan iklim.

Mudejar : gaya arsitektur dan dekorasi Spanyol yang sangat dipengaruhi oleh cita rasa dan seni pertukangan orang Islam (bangsa Moor), yang berkembang sesudah penaklukkan kembali Spanyol oleh orang0orang Kristen. Dalam pembangunan bangunan-bangunan Romannesque, Gothic dan Renaissance, unsur-unsur seni Islam dipakai kadang-kadang dengan hasil yang sangat menakjubkan. Ciri geometris yang dominan dan khas Timur, muncul jelas dalam karya-karya pertukangan pelengkap- susunan genting, bangunan tembok bata, pahatan kayu dan logam-logam hiasan. Bahkan sesudah orang –orang Islam tidak lagi dipekerjakan, banyak
sumbangan mereka tetap menjadi bagian terpadu dari seni bangunan Spanyol. Sebuah contoh khas bangunan Mudejar adalah Casa de Pilatos, yang berasal dari abad ke -16 awal di Sevilla.


mengupas hubungan-hubungan tersebut agar kita bisa mendapatkan prinsip-prinsip utama dalam penggunaan keruangan Islam, kemudian mempelajarinya guna menambah kekayaan khasnah dunia arsitektur dan perencanaan kota secara umum. Untuk Islam, penelitian di awali dari Ka’bah, yaitu sebuah lapangan yang teramat luas yang merupakan Kiblat (arah menghadap) ketika melakukan sholat bagi kaum Muslim, yang didirikan di “ Bakkah” oleh Nabi Ibrahim as dan putera sulungnya Isma’il as (QS: Al-‘Imran(3):96). Sedangkan dari segi arsitektur, kita harus pula mempertimbangkan lapangan maha luas lainnya yang membentang di bawah kubah Hijau di Madinah dan telah menjadi salah satu kemegahan pada abad ini. Ketika Nabi Muhammad Saw pertama kali datang ke Yasrib (Madinah) yang pada masa pra Islam disebut sebagai kota pencerahan, ota itu mempunyai lapangan seperti dikenal di banyak kota di Inggris dengan sebutan vacant loy dan di Amerika Latin orang menamakannyapotrero ataupre dio. Selama satu dasawarsa dari tahun 622 sampai 632, Nabi MUHammad tinggal sana. Selama itu pula lapangan tersebut berangsur-angsur diisi dengan kamar-kamar pribadi di sepanjang dinding luar. Mirip dengan rumah-rumah yang dibangun pemiliknya sendiri pada kapling-kapling di pinggiran kota di Amerika Latin. Sampai sekarang ruangan-ruangan itu masih dapat kita saksikan, katakanlah sebagai kapel yang terletak dipojok-pojok tenggara Masjid Nabi di Madinah. Sejak itu, banyak mesjid didirikan. Dari sinilah lama kelamaan mereka beranggapan, bahwa mesjid –mesjid tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan-kebutuhan khalayak untuk melakukan sholat.

Masjid agung Cordoba, yang sampai sekarang oleh orang-orang Cordoba disebut la Mezquita , mempunyai halaman yang dinamakan halaman pohon jeruk (el Patio de los Naranjos). Halaman itu jadi kelihatan sempit karena hadirnya interior luas, berupa belantara tiang- tiang yang tampak bagaikn pepohanan rindang, tempat seseorang bisa berlindung dari sengatan matahari di luar sana. Masjid Agung ‘Uqbah bin Nafi’ di Qayrawa, 80 mil di selatan Tunisia, interiornya juga menyerupai gerombolan pohon Palma, dengan halaman yang luas sekali sehingga cukup tempat sholat sepasukan tentara, atau untuk memperingati Hari Raya ‘Id.MasjidBadsyahi di Lahore, Pakistan mempunyai lekukanma lwiyya h khas Mesopotamia, merupakan masjid militer yang terbesar; jika kita tidak mengingat salah satu Masjid peninggalan di Samarra’ yang letaknya di utara sungai Tigris, jauh dari Baghdad. Semua masjid tersebut merupakanmas jid jami’awal kecuali masjid Badsyahi.

0 komentar:

Posting Komentar

perkembangan islam